Bikin hidupmu Fun!

Bikin hidupmu Fun!
Fulfill your dream
Powered By Blogger

Enjoy Life ^^

I love to spend most of my times in quiet, with my beloved ones..

Most of all, I love my family and my surroundings.
And you are one of it, my friend :)

Happy reading :)

9.12.10

Latihan Sederhana Agar Anda Tak Cepat Pikun

Saat semakin tua, ingatan jangka panjang kita menjadi lebih jelas, sedangkan ingatan jangka pendek mungkin menurun. Anda mungkin lupa tempat Anda menaruh sesuatu, lupa janji, dan hal yang biasanya mudah diingat tiba-tiba perlu usaha untuk mengingatnya.

SAAT semakin tua, ingatan jangka panjang kita menjadi lebih jelas, sedangkan ingatan jangka pendek mungkin menurun. Anda mungkin lupa tempat Anda menaruh sesuatu, lupa janji, dan hal yang biasanya mudah diingat tiba-tiba perlu usaha untuk mengingatnya.
Jika Anda khawatir menjadi pikun, ada beberapa latihan dan teknik yang akan membantu ingatan jangka pendek, seperti dijelaskan Dr Miriam Stoppard dalam bukunya berjudul "Panduan Kesehatan Keluarga".
1. Saat Anda membaca buku atau artikel majalah, ringkaslah alur cerita atau poin di dalamnya bagi seorang teman. Sebutkan nama, tempat, dan tanggal.
2. Saat belanja, cobalah mengambil barang sebanyak mungkin tanpa melihat daftar belanja.
3. Jika ada beberapa hal yang harus dilakukan, cobalah mengingatnya dengan "jembatan keledai". Misalnya, tugas seperti menyetrika, menelepon, dan mengetik surat dapat disingkat menjadi sebuah kata. Ambil satu atau dua huruf pertama dari setiap tugas, dan bentuklah menjadi sebuah kata, misalnya "seteltik" (setrika, telepon, tik) yang dapat membantu ingatan.
4. Jika Anda masuk ke dalam kamar dan lupa alasannya, kembalilah ke tempat semula dan jangan pergi sebelum mengingat alasannya, kembalilah ke tempat semula dan jangan pergi sebelum mengingat alasan pergi ke kamar tersebut.
5. Jika Anda kehilangan sesuatu, lacaklah dengan proses eliminasi. Tulis enam hal terakhir yang Anda lakukan sebelum kehilangan benda itu dan tempat Anda berada di setiap aktivitas. Jika perlu, buatlah tabel di kertas dengan hal yang Anda lakukan di satu sisi dan tempat Anda berada di sisi bawah. Benda yang hilang ada dalam kotak tersebut. Periksalah satu per satu dan Anda akan menemukannya.

No comments:

Post a Comment